RSS

"Sejuta Rasa dibalik Kata Pengantar"


Menulis ‘Kata Pengantar’ bagaikan mengupas bawang merah..

            Dalam suatu karya ilmiah (skripsi) tentunya ada tahap (bab2) yang harus kita selesaikan sesuai dengan aturan yang berlaku (petunjuk penulisan skripsi/buku ungu) mulai dari halaman sampul sampai daftar lampiran. Setelah melewati Bab I sampai Bab 3 atau dengan kata lain ‘Proposal’ itu hal yg patut sy syukuri. Alhamdulillah setelah melihat nilai dalam portal akademik muncullah huruf yg membuat mulut ini tersenyum sambil berucap ‘Alhamdulillah’, langsung teringat kata teman sewaktu persentase mata kuliah Farmasi  yang di tulis dalam slide terakhir “Kerja keras tidak akan pernah berkhianat”...:D
            Back to ‘Kata Pengantar’, sebenarnya banyak hal yag menarik dari perjalanan skripsi , ribuan kisah bagaimana sy move on dari bab 3 ke bab 4 yang berisi Ada cerita dibailik ROMANTISME Pelaksanaan penelitian yang penuh suka duka .... Preeetttt..hahhaha. But, This time I Just wanna tell you about seputar ‘Kata pengantar’...
            First, tanpa mengurangi maksud untuk medahului ketetapanNya. Sebelumnya sy memohon maaf kepada Allah SWT karena hal yg sy lakukan ini mungkin terlalu cepat. Ini hanya untuk mengisi kekosongan hidup sambil menunggu revisi hasil yang masih dalam proses dan akhirnya pun berada di zona kegalauan (lebay). Let it flow ajaa......
            Awalnya sy pikir menulis di bagian kata pengantar hanya bisa menghabiskan waktu 24 jam, woouww dibalik perkiraan sy ternyata itu salah besar karena ketika memulai mengetik judul itu tak ada hambatan sama sekali (lancar) but ketika memasuki kata di bawah kalimat bismilllahirahmanirahim, tanpa sengaja ada tetesan air  yang mengalir begitu sj dr sudut mata (bayangkan sj rasanya gimana). And then, setelah kalimat tersebut selesai, beralih ke ucapan terima kasih kepada makhluk ciptaan Allah yang pernah hadir, singgah bahkan menetap dalam hidup ini. Rasanya bagaikan kembali berada mengenang pada moment2 yang tak terlupakan mulai dari rasa perih, rasa manis, rasa syukur yang jelas penuh berjuta rasa (mengenang alias bernostalgia). Yach mungkin paling banjir air mata saat menulis ucapan terimah kasih di no 1...hikzhikzzz.(ekspresi nangis). Ya Allah, Terima kasih telah mengirimkan orang2 ini dalam persinggahan hidupku. Ahhhh sedih lagi nich pemirsaa.
            Mgkin para readers penasaran yach dengan yg sy maksud, silakan kalimat itu bisa dicek sendiri pada ‘Kata Pengantar’ spy feelnya juga sampai ke hati anda...hihihiihi(Ngarep). Rangkaian kata yang kuketik sedikit demi sedikit di bagian KP tanpa sy sadari telah menghabiskan waktu kurang lebih sebulan. Nth kenapa rasanya menulis di bagian KP sama halnya menyusun bab 1 sampai bab 3 yaitu sama2 susah....hehehhehehe

Traaaaalaaaaaaaaa......






https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcT9Tb2FEu_gXAqd1zi3QFsOy9kC-Ptu8sc2Pifynd9jOcuPDwIcKATA PENGANTAR


Alhamdulillahirobbil’alamin atas segala nikmat iman, islam, cinta, kesempatan, kesehatan serta kekuatan yang telah diberikan oleh Allah SWT sehingga penulis dapat menyelesaikan karya tulis yang berbentuk skripsi ini sesuai dengan waktu yang telah direncanakan. Shalawat beriring salam untuk tuntunan dan suri tauladan Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan sahabat beliau yang senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai islam yang sampai saat ini dapat dinikmati oleh seluruh manusia di berbagai penjuru dunia.
Skripsi ini sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan studi dan mendapat gelar sarjana dari Program Studi Kedokteran Hewan, Fakultas Kedokteran, Universitas Hasanuddin. Judul skripsi ini adalah “Prevalensi Paramphistomiasis pada sapi bali di Kecamatan Libureng, Kabupaten Bone”.
Dalam proses perjalanan panjang hingga berada pada titik akhir penulisan skripsi ini. Penulis telah banyak mendapat dukungan, semangat dan bantuan dari berbagai pihak. Izinkan penulis dengan rendah hati menyampaikan terima kasih kepada:
1.    Kedua orang tuaku, Mama Hj. Hardiana dan Bapak Darmin, S.Pd yang selalu melimpahkan kasih sayang tak terhingga, suntikan semangat setiap saat, dukungan tak kenal lelah dan pengorbanan tanpa bisa terbalas dengan apapun dan sampai kapanpun. Kepada adik-adikku Waiz Al Qarni dan Darussalam Al Qadar serta My Big Family di SIDRAP yang selalu menjadi penyemangat. Semoga karya kecil ini dapat menghadirkan senyum terindah di wajah kalian. I Love you more than you’ll ever know...♥
2.    Drh. Fika Yuliza Purba, M.Sc dan Drh. Meriam Sirupang selaku dosen pembimbing skripsi atas segala bimbingan, arahan serta dukungan yang telah diberikan sehingga penulisan skripsi ini dapat terselesaikan.
3.    Drh. Dini Kurnia Ikliptikawati, M.Sc dan Drh. Waode Santa Monica, M.Si selaku dosen penguji atas saran dan masukan yang telah diberikan.
4.    Penasehat Akedemik Drh. A. Magfira Satya Apada, Ketua Program Studi Kedokteran Hewan Prof. Dr. Drh. Lucia Muslimin, M.Sc, seluruh dosen dan staf Program Studi Kedokteran Hewan yang telah banyak membantu penulis dalam menyelesaikan studi.
5.    Hamsari Aswar for all (time, exprience, second family, truely friend support, motivate, energy, idea and so on) with you ‘Boss’. Belajar banyak hal darimu ri’ for ”5 years” and See you in another life. salam kedip J.
6.    Sahabat-sahabatku Ainin, Wulan, Nana dan Ety. Kita telah menjalani beribu episode hidup yang telah tercatat di skenarioNya, ntah itu peran antagonis atau protagonis, menangis atau tertawa, susah atau senang. Jazakumullah atas persahabatan tulusnya. Happy together with you..!!
7.    My best partner Anna Anggriana suka duka telah dilewati bersama selama pembuatan proposal, pelaksanaan penelitian hingga penyusunan skripsi. Eka Syafrisal, Ryan Payung dan Aqsar Marsani yang telah banyak menguras tenaga dalam pelaksanaan penelitian.
8.    Teman-teman V-GEN 10 mulai dari pojok kiri, kanan dan belakang sampai yang merasa terpojokkan. Semangat melangkah rekan-rekan CADOHE, tantangan dan masalah Veteriner sedang menanti KITA. Selamat berjuang calon terkuat penghuni surga “Insya Allah”. Man jadda wa jadda..!!
9.    Saudara(i)ku “KAMIKASE 09” yang selama ini sudah menjadi keluarga kecilku dan telah banyak membantu penulis dalam segala hal. Terspesial buat sahabat sehati Musdar Liani Mustafa, Karmila dan Suprianto.
10.  Saudara seperjuanganku SMP Negeri 2 Watang Pulu Tersomething for my beloved neighbour Rooney serta SEPEROS Smaeli & KKN 85 Mangalle.
11.  Dinas Peternakan Bone “Kecamatan Libureng”, khususnya Drh.Agus Riadi, Andi Rustam, bapak Firdaus dan bapak Imam Desa Ceppaga.
12.  Seluruh Staf Laboratorium Parasitologi BBVET Maros.
13.  Terakhir, Dear future me yang masih misteri semoga kita dipertemukan di finish line dalam cinta kasih dunia akhirat.
14.  Semua pihak yang tidak bisa penulis sebutkan satu persatu yang telah ikut menyumbangkan pikiran dan tenaga untuk penulis.”Jika perjalanan hidup kuceritakan di halaman ini, entah berapa banyak lembaran kertas yang akan habis hanya untuk menulis ucapan terima kasihku☻”.

Penulis menyadari bahwa skripsi ini masih terdapat banyak kekurangan dan  jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun agar dalam penyusunan karya berikutnya dapat lebih baik. Akhir kata, semoga karya kecil ini dapat bermanfaat bagi setiap jiwa yang bersedia menerimanya. Amiin ya rabbal alamain.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.


“Barang siapa menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim).

“Dalam menapaki perjalanan hidup menggapai ridho Ilahi
Ku lukis sederetan ceritaku di persinggahan samudera kasihNya
Biarlah angan dan impian berlari menulusuri jejak berandaku
 Ku hanyutkan perjuanganku pada sungai kecil yang mengalir dari sudut mata
Seulas senyum yang telah lama bersembunyi kembali menyapa cahayaNya
      Ku hantarkan serangkaian aksara hingga menjelma menjadi cerita indah
Lewat persembahan seuntai karya kecil dari jemari ini
Untuk KALIAN yang tertulis dalam catatan hati disetiap doa’ku
  Sebagai bingkai ungkapan terima kasih ♥”



                Makassar,  Agustus  2014
                                                     
                                                   
                                                                 
                                                                          
                                                                                                  Penulis


Smoga bermanfaat n bisa jadi inspirasi, Thanks to google and para bloggers yang sdh memberi insprisai dalam menyusun KP ku......



0 komentar:

Copyright 2009 Assalamualaikum Penikmat BIRU..!!!. All rights reserved.
Free WPThemes presented by Leather luggage, Las Vegas Travel coded by EZwpthemes.
Bloggerized by Miss Dothy